Kamis, 13 Desember 2012

Pulau Randayan





Pulau Randayan terletak disebelah utara pesisir Kalimantan Barat. Sebuah pulau kecil dengan keindahan pantai,laut ,dan segala isinya, yang menjadi ikon pariwisata Provinsi Kalimantan Barat. Termasuk dalam Kabupaten Bengkayang,Kalimantan Barat. Untuk menuju ke Pulau Randayan, bisa dicapai dari Teluk Suak. Teluk Suak sendiri terletak sejauh 32km dari Kota Singkawang dengan perjalanan sekitar 30 menit atau 115km dari Pontianakdengan perjalanan 2,5jam. Dengan Rp 150.000 (PP) kita bisa menuju ke Pulau Randayan dengan naik speedboat. Mahal? Tenang, ada alternatif lain yang lebih murah. Dengan menggunakan perahu motor cuma Rp 30.000(PP) atau perahu khusus Rp 100.000(PP), di pantai pasir panjang, kita juga bisa tiba disana.

Tiba di pulau Randayan, kita akan disambut hamparan pasir putih yang indah. Lambaian nyiur di sepanjang pesisir pantai menambah keindahan pesona alam bahari disana. Air lautnya jernih dan tidak dalam sehingga kita bisa menikmati terumbu karang dan keindahan laut seperti layaknya di Bunaken, Manado.Mau snorkeling? Sudah pasti bisa menyelam sambil menikmati keindahan taman laut Pulau Randayan.Berdasarkan catatan yang ada,Pulau Randayan memiliki karang hidup sekitar 4,50 hektar, karang mati 3,69 hektar, lamun 0,63 hektar, dan pasir seluas 4,77 hektar. Belum lagi berbagai jenis ikan laut tropis dapat ditemui ketika menjelajahi keindahan bawah laut Pulau Randayan. Bagi penggila selam,Pulau Randayan ini sudah pasti jadi incaran. Wah! Ternyata Pulau Randayan nggak kalah lho di banding Bunaken!

Mau keliling pulau? Tenang! ada Vespa air yang sudah disediakan pengelola pulau. Butuh waktu setengah jam lho untuk mengelilingi pulau ini. Kalau lelah, kita bisa beristrihat di pesisir pantai sambil menikmati harumnya ikan bakar. atau barbeque party dengan ikan hasil tangkapan sendiri. Sambil menikmati indahnya pemandangan laut saat matahari terbenam. Sunset time! Jangan lewatkan momen ini bila teman-teman ada berkunjung ke sana ya. Kataya sunset di pulau Randayan ini nggak kalah indahnya dibanding di pantai pangandaran, jawa Tengah.

Bagi yang mau menginap, ada vila-vila yang menghadap ke laut denngan harga sewa sekitar Rp 400.000 semalam.cukup mahal ya ternyata. maklumlah konon pulau Randayan awalnya bukan pulau wisata melainkan sebuah pulau pribadi yang dijadikan pulau wisata.


Sumber : http://heavenly-story.blogspot.com/2012/05/pesona-keindahan-pulau-randayan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar